Saat ini, menggunakan barang bermerk seakan menjadi tren lifestyle di kalangan masyarakat, terutama pada anak muda. Bagi anak muda, mengenakan barang bermerk dinilai bisa meningkatkan rasa percaya diri dan prestigious. Sehingga tak heran banyak yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk bermerk atau branded.

Selain itu, barang bermerk juga dinilai lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan produk biasa maupun KW. Salah satu produk bermerk yang cukup banyak diminati oleh anak mudah adalah sepatu sporty.

Sepatu jenis ini selain bisa digunakan untuk berolahraga, juga bisa digunakan untuk menunjang penampilan kasual anak muda agar terlihat semakin trendy. Banyak sekali brand sepatu sporty bermerk yang diminati oleh anak muda. Salah satu yang cukup terkenal dan mungkin sudah sering Anda dengar adalah sepatu Reebok.

Reebok memang sudah tidak asing lagi di telinga pecinta sepatu sporty. Pasalnya, merk sepatu branded yang satu ini cukup terkenal di Indonesia. Saat awal didirikan tahun 1895, Reebok memiliki nama J.W. Foster and Sons. Namun semenjak dibeli oleh Adidas di tahun 2005, namanya berubah menjadi Reebok seperti yang sering kita dengar hingga saat ini. Meskipun sekarang memiliki banyak saingan, Reebok masih menjadi salah satu merk sepatu sporty yang sangat diminati oleh anak muda di Indonesia.

Reebok terkenal sepatu olahraga yang memiliki kualitas, kenyamanan, dan desain simpel yang menarik. Reebok memiliki beberapa varian sepatu jogging, sepatu basket, sepatu futsal, sepatu sepak bola, dan sneakers biasa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Cukup mudah menemukan sepatu merk Reebok di toko-toko sepatu, mall, marketplace, serta online store. Namun perlu diwaspadai, saat ini banyak beredar sepatu Reebok yang tiruan atau KW.

Jika merk bagi Anda sangatlah penting, maka sebaiknya berhati-hati dalam membeli. Karena selain sayang uangnya, tak jarang sepatu yang KW atau tiruan tentunya memiliki kualitas yang jauh dibandingkan dengan sepatu yang original. 

Membedakan sepatu yang original dengan yang KW memang terbilang susah-susah gampang. Karena tak jarang, sepatu KW memiliki tampilan yang sama mendekati sempurna dengan produk aslinya. Sehingga tak jarang hal ini cukup mengecoh calon pembeli, terutama yang masih awam. Niat awal ingin membeli sepatu yang original, namun malah berujung mendapatkan sepatu KW atau tiruan.

Agar Anda tidak mengalami hal yang serupa, maka perlu mengetahui cara membedakan antara produk sepatu yang original dengan tiruan. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan, yaitu :

Perhatikan dimana tempat membelinya

Tempat yang tepat tentu akan mendapatkan barang yang tepat pula. Saat Anda ingin berbelanja sepatu, entah itu di toko sepatu langsung maupun berbelanja secara online, maka hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kredibilitas toko tersebut. Sepatu yang original biasanya dijual di toko-toko resmi yang sudah diajak bekerjasama dengan perusahaan sepatu tersebut. Toko resmi tersebut biasanya sudah berlisensi resmi dari perusahaan sepatu tersebut. Berbeda dengan sepatu KW atau tiruan, biasanya bisa dijual di toko mana saja. Jika Anda berbelanja secara online, Anda perlu lebih teliti lagi dalam membeli. Pastikan memang toko online tersebut sudah berlisensi dan menjual produk yang original 100 %.

Perhatikan kardus atau box sepatu

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui original dan tidaknya sepatu yang Anda beli adalah dengan melihat kardus atau box sepatunya. Sepatu yang original dijual dengan box atau kardusnya. Namun berbeda dengan sepatu KW, biasanya tidak menggunakan kardus. Jikapun menggunakan kardus, biasanya hanya kardus palsu. Agar tahu sepatu tersebut ori atau tidak, cek nomor produksi yang tertera di dalam sepatu dengan nomor produksi yang tertera di dalam kardus. Jika nomornya sama atau sesuai, maka bisa dipastikan sepatu tersebut memang original.

Ukuran sepatu

Sepatu original memiliki standar ukuran yang sudah tepat sesuai dengan nomornya. Berbeda dengan sepatu KW yang tidak cukup akurat dalam hal ukuran. Tak jarang sepatu KW berukuran 40 namun di sepatunya tertuliskan 42. Hal ini wajar saja terjadi karena sepatu KW memang tidak memiliki standarisasi produk seperti pada produksi sepatu original. Cara mudah mengetahui sepatu tersebut benar-benar original adalah dengan mengecek pada sepatunya langsung. Caranya dengan mencocokkan tag size di bagian lidah sepatu dengan sicker size di kardusnya. Lidah sepatu biasanya berisikan keterangan ukuran sepatu tersebut. Cocokkan nomor seri pada tag size sepatunya ini sama atau tidak dengan yang tertera di kardus sepatu. Sepatu yang original harusnya matching antara nomor seri di sepatu dengan di kardus.

Perhatikan label sepatu

Pada sepatu original, pada label ukurannya selain tertulis keterangan ukuran sepatu, juga terdapat nomor barcode, angka identitas produk, tanggal produksi, nama produk, logo produk, serta negara pembuat. Jika saat Anda membeli sepatu hanya tertulis keterangan ukuran, barcode, dan negara pembuatnya saja maka bisa dipastikan produk sepatu ini tidak original.

Perhatikan bentuk sepatu

Dari bentuk sepatu juga bisa diketahui produk tersebut original atau hanya KW. Untuk sepatu yang original memiliki bentuk yang simetris dan rapi. Hal ini karena perusahaan pembuatnya memiliki standar yang tinggi dalam proses produksinya, sehingga hanya produk yang sudah lolos standar saja yang beredar di pasaran. Berbeda dengan sepatu KW, akan terdapat beberapa bagian yang tidak rapi. Namun saat ini banyak juga sepatu KW dengan bentuk yang rapi, sehingga cukup mengecoh para pembeli. Sepatu KW jenis ini banyak ditemukan dari produsen sepatu di Tiongkok.

Perhatikan jahitannya

Pada sepatu original memiliki jahitan yang lebih rapi. Jarak setikan pada jahitannya juga teratur, tidak besar kecil tanpa aturan. Berbeda dengan sepatu KW, biasanya akan ditemukan di beberapa bagian yang dijahit dengan tidak rapi.

Perhatikan harganya

Saat membeli, perhatikan harga yang diberikan oleh penjual. Sepatu original biasa dijual dengan harga yang lumayan lebih mahal. Hal ini karena dari segi kualitas sudah terbukti bagus. dan dari segi merk sudah memiliki nama di kalangan konsumen dunia. Waspadai sepatu yang dijual dengan harga sangat murah. bisa jadi sepatu tersebut adalah sepatu KW. Mereka berani menjual dengan harga murah, karena dari segi bahan dan standar produk sangat jauh dari sepatu yang original.

Membeli sepatu branded yang benar-benar original memang cukup mudah dilakukan asalkan sudah tahu caranya. Ulasan sebelumnya semoga bisa membantu untuk Anda yang ingin membeli sepatu branded, entah itu sepatu Reebok maupun sepatu branded lainnya. Teliti sebelum membeli sangat penting dilakukan agar Anda mendapatkan produk yang benar-benar original. Jangan malas untuk mengecek per bagian sepatu agar Anda tidak tertipu. Mengingat banyak sekali produk tiruan yang beredar di pasaran saat ini. Semoga bermanfaat!