Berapa pasang koleksi sepatu yang ada di rumah Anda?, pastinya lebih dari satu bukan. Memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya sepatu ini termasuk dalam fashion item yang difavoritkan oleh masyarakat, bahkan untuk dikoleksi di rumah, karena berbeda gaya atau penampilan, maka harus ditunjang dengan sepatu yang berbeda pula. Bahkan jika dilihat di pasaran sendiri model sepatu ada begitu banyak, baik itu untuk pria maupun wanita. Hanya saja memang sepatu pria jumlah atau modelnya masih tidak bisa mengalahi sepatu wanita.

Sepatu untuk menunjang kebutuhan olahraga tentunya akan berbeda dengan jenis sepatu yang nantinya akan dipakai bekerja atau bahkan hangout. Jangan sepelekan hal ini, karena meskipun sepele, namun begitu mempengaruhi pandangan orang lain pada diri Anda. Sepatu sendiri pada dasarnya diciptakan dengan begitu banyak manfaat, salah satunya adalah untuk melindungi kaki dari benda-benda tajam dan juga kotoran, sehingga material yang digunakan dalam pembuatannya kuat.

Jika dilihat ke pasaran bahkan untuk sepatu ini sendiri ada banyak sekali merk yang mengeluarkannya, tentunya dengan harga yang bervariatif. Mulai dari yang paling murah hingga produk sepatu yang mahal, tak lain karena merupakan produk sepatu branded, sehingga dibandrol dengan nilai yang lebih tinggi. Dalam pembeliannya juga tidak boleh asal, banyak diantara masyarakat yang sering kali melakukan beberapa kesalahan ini dalam membeli sepatu, sehingga membuat mereka menyesal, diantaranya adalah :

Tidak memperhatikan ukuran

Bagaimanapun jika berbicara mengenai sebuah item fashion, ukuran adalah hal paling penting yang harus dipertimbangkan, karena pada dasarnya setiap orang memiliki ukuran kaki yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa asal menyamakan dengan yang lainnya. Tidak mengukur kaki terlebih dahulu, atau asal dalam membeli sepatu tersebut akibatnya fatal, karena bisa jadi sepatu yang dibeli terlalu kekecilan sehingga sakit ketika digunakan, atau mungkin kebesaran sehingga mudah lepas saat dipakai.

Waktu pembelian yang salah

Benar jika seandainya banyak orang yang mengajarkan untuk membeli sepatu di sore hari, bukan pagi atau siang. Faktanya memang kaki akan berada dalam ukuran maksimal adalah di sore hari. Itulah mengapa terkadang ketika membelinya di pagi hari ukuran akan terasa pas, namun ketika digunakan pada sore hari maka sepatu akan terasa begitu sesak. Untuk itu jangan pernah menyepelekan kapan waktu terbaik membeli sepatu tersebut.

Hanya mencoba pada satu kaki saja

Sepatu yang dipajang dalam sebuah mall atau pusat perbelanjaan pada dasarnya memang hanya satu sisi saja, jika Anda tidak meminta penjaga untuk mengambilkan pasangannya, tentu tidak bisa mencoba keduanya, padahal ukuran kedua kaki sebenarnya tidak benar-benar sama 100 persen, sehingga kadang satu bagian nyaman digunakan, namun satu diantaranya tidak. Untuk itu harus dicoba secara keseluruhan.

Tidak memakai kaos kaki

Untuk beberapa jenis sepatu layaknya sport shoes memang dirancang penggunaan dengan kaos kaki, karena untuk kebutuhan olahraga nantinya membuat kaki lebih mudah berkeringat, sehingga ketika ingin mencobanya, maka kaki harus dalam kondisi sudah memakai kaos kaki. Jika tidak maka ukuran yang dipilih tidak akan tepat, bisa jadi saat tidak memakai kaos kaki maka sepatu tersebut terasa pas, namun setelah digunakan kaos kaki menjadi sesak, jangan sepelekan hal ini karena mengenakan sepatu sesak membahayakan untuk kesehatan kaki.

Tidak Dicoba Terlebih Dahulu

Hal ini sering kali dilakukan oleh mereka yang melakukan pembelian secara online, dimana hanya bisa melihat barang dari gambar, begitu juga dengan mengira-ngira ukurannya saja, padahal membeli item fashion tidak dapat disamakan dengan produk makanan ataupun mainan. Tanpa mencoba sepatu tersebut maka nantinya konsumen tidak akan pernah tau bagaimana kenyamanan dan juga looknya di kaki. Sehingga utamakan membeli secara langsung terlebih dahulu jika memang barangnya ada di pasaran.

Tidak disertai dengan pembelian produk perawatannya

Ingat apapun item fashion tersebut harus dirawat dengan benar jika tidak ingin mudah rusak, begitu juga dengan sepatu. Untuk itulah selain membeli itemnya, maka hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah menyertakan beberapa produk perawatannya. Hal ini seperti halnya sebuah investasi, karena bisa membuat sepatu tahan lebih lama.

Makin Lama Dipakai, Makin Nyaman

Bahwa sepatu lama kelamaan akan nyaman digunakan, banyak tentunya yang memiliki pemikiran semacam ini, saat membeli sepatu pria maupun wanita, mereka beranggapan bahwa bahan tersebut akan melar, sehingga pada awal pemakaian terasa kurang nyaman, namun lama kelamaan menganggapnya akan nyaman sendiri. padahal pemikiran tersebut sebenarnya salah. Sepatu yang bagus akan tetap nyaman digunakan pada awal pembelian, maupun ketika sudah lama dipakai, sehingga mulai hilangkan pemikiran tersebut.

Tidak memperhatikan trend

Ini juga menjadi kesalahan yang umum dilakukan oleh konsumen, dimana mereka tidak update akan trend apa yang sedang ada saat ini, padahal di era modern seperti sekarang sangat penting melihat hal tersebut, sehingga konsumen tidak menjadi boros, sekarang mungkin ada banyak sekali diskon besar-besaran yang ditawarkan untuk item fashion tersebut, namun pada produk koleksi lama, artinya sudah tidak lagi ngetrend, kedepannya saat melihat orang lain mengenakan sepatu trendy terbaru pastinya akan muncul keinginan untuk membelinya. Jika dihitung-hitung membeli lagi hanya akan membuat Anda mengeluarkan pengeluaran yang lebih. Dibandingkan dengan langsung membeli sepatu yang sedang ngetrend.

Karena di era teknologi seperti sekarang ini lebih banyak diantara masyarakat yang melakukan transaksi pembelian sepatu secara online dibandingkan dengan langsung. Maka wajib tau bagaimana cara tepat dalam membeli item fashion ini online, sehingga nantinya tidak keliru, karena sering kali aktivitas belanja online tersebut merugikan sebagian pihak untuk pembelian produk-produk fashion semacam sepatu ini, diantaranya adalah :

  • Pastikan untuk mengukur kaki terlebih dahulu, sehingga lebih mudah nantinya untuk menyesuaikan antara ukuran kaki yang dimiliki, dengan pilihan ukuran yang sudah ada. sehingga tanpa harus mencoba nantinya akan tau pilihan ukuran sepatu yang pas untuk dibeli.
  • Sebaiknya beli produk bermerk, jangan abal-abal atau replika, banyak sekali toko online yang menjamin barang yang dijual tersebut asli dari serangkaian merk terkenal, hal ini tidak akan mengecewakan karena pastinya apa yang ada di gambar sama dengan yang dikirimkan, begitu juga dengan kualitasnya, meskipun dari segi harga memang agak mahal.
  • Beli dari toko online terpercaya yang banyak direkomendasikan oleh konsumen lainnya, sehingga tidak ada istilah penipuan, barang yang dikirimkan berbeda atau mungkin uang ditransfer, namun barang tidak segera dikirim.
  • Jangan terkecoh dengan tawaran harga murah, karena bisa jadi barang yang dijual tersebut adalah produk replika atau KW, bukan barang asli.

Mudah bukan, belanja sepatu pria online memungkinkan dapatkan lebih banyak pilihan barang, namun juga harus lebih selektif sehingga tidak kecewa.

Disampaikan oleh : Bobobobo