Beasiswa dikti merupakan salah satu beasiswa yang bisa Anda pilih bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke berbagai jenjang pendidikan. Karena jurusan ini menawarkan beasiswa untuk jenjang pendidikan dari S1 hingga S3. Beasiswa ini dikelola oleh Kemenristekdikti yang juga bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP. Beasiswa ini bisa Anda gunakan untuk masuk dan mendapatkan pendidikan di berbagai universitas terbaik baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Dimana ketika akan mengajukan beasiswa dari Dikti ada beberapa macam beasiswa yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan syarat yang bisa dipenuhi seperti berikut ini :

Beasiswa guru dari Dikti

Macam beasiswa pertama yang bisa dipilih dari Dikti adalah beasiswa guru. Dimana seperti namanya beasiswa ini ditujukan untuk guru atau pengajar dari berbagai macam jenjang sekolah. Beasiswa merupakan pilihan yang tepat bagi guru yang ingin melanjutkan pendidikan tetapi mempunyai masalah ekonomi untuk memenuhi biaya kuliah. Beasiswa guru dari Dikti ini akan membiayai guru yang ingin kuliah hingga ke strata 2.

Untuk mendapatkan beasiswa ini beberapa syarat yang diperlukan adalah :

  • Mempunyai status PNS yang aktif mengajar.
  • Mempunyai NUPTK.
  • Sedang menempuh pendidikan S1.
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lainnya.
  • Mempunyai rekomendasi atau usulan dari Dinas Pendidikan, UPTD daerah, kabupaten, atau kota setempat.

Beasiswa dosen dari Dikti

Pilihan jenis beasiswa Dikti S2 selanjutnya yang bisa dipilih adalah untuk dosen yang ingin mendapatkan gelar lebih tinggi. Beasiswa ini ditujukan untuk dosen yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3. Dimana untuk syarat dari beasiswa dosen yang diberikan oleh Dikti ini adalah sebagai berikut ini :

  • Telah menyelesaikan studi S1.
  • Mempunyai IPK minimalnya 3,25.
  • Mempunyai surat bukti rekomendasi.
  • Tidak menerima beasiswa dari pihak lainnya.

Beasiswa non dosen dari Dikti

Pilihan selanjutnya dari beasiswa yang ditawarkan oleh Dikti adalah beasiswa non dosen. Beasiswa ini seperti namanya diberikan untuk mereka yang bukan dosen untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Beasiswa ini dikenal juga dengan bibit unggul dan diberikan untuk mereka yang ingin kuliah di dalam ataupun luar negeri. Untuk mendapatkan beasiswa bibit unggul ini seseorang yang akan mendapatkannya harus mempunyai prestasi yang bagus.

Sehingga persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini tentunya akan sangat sengit dan tidak mudah untuk bisa lolos dan mendapatkan beasiswa non dosen dari Dikti ini.

Beasiswa PPA dari Dikti

Jenis beasiswa selanjutnya adalah PPA yang merupakan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik. Beasiswa ini ditujukan untuk mereka yang mempunyai prestasi akademik dan bisa untuk memberikan dana untuk belajar di berbagai universitas yang terdaftar pada beasiswa PPA. Adapun beberapa syarat beasiswa PPA adalah :

  • Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan dengan minimal semester II hingga VIII.
  • Beasiswa ini membutuhkan fotokopi KTM dan KRS.
  • Fotokopi piagam dan bukti prestasi tingkat nasional maupun internasional.
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak atau instansi lainnya.

Beasiswa skripsi, tugas akhir, dan tesis

Dan jenis beasiswa dikti S1 lainnya yang bisa dipilih adalah beasiswa untuk mengerjakan skripsi, tugas akhir, dan juga tesis. Apabila akan membuat tugas akhir perkuliahan tentu saja membutuhkan dana penelitian yang tidak sedikit. Oleh karena itulah dikti memberikan beasiswa yang bisa didapatkan dengan syarat mulai dari WNI, berasal dari PTN, dari universitas dengan akreditasi bagus, dan juga mempunyai IPK minimal 3,25.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *